Dusun Pentingsari


Berdasarkan sumber data resmi dari sekertariat Dusun Pentingsari, Dusun Pentingsari berbentuk seperti semenanjung dimana sebelah barat terdapat lembah yang sangat curam yaitu Kali Kuning dan sebelah selatan terdapat lembah yang berupa Goa Ledok / Ponteng dan Gondoran sebelah timur terdapat lembah yang curam yaitu Kali Pawon dan sebelah utara merupakan dataran yang dapat berhubungan langsung dengan tanah di sekeliling kelurahan Umbulharjo sampai ke pelataran gunung Merapi. Dusun Pentingsari terdiri dari dua dusun yaitu Bonorejo dan Pentingsari. Dusun ini resmi menjadi desa wisata menunjuk surat Dinas Pariwisata Sleman no.556/336 tertanggal 15 April 2008.

Pentingsari termasuk sebagai desa wisata terbaik di Jogja. Hal ini tak terlepas dari 3 keunggulan yang ada di dalamnya mulai dari keindahan alam, peran serta masyarakat dan sistem kerja yang baik. Menjadi jaminan bagi seluruh wisatawan yang datang bahwa mereka tak akan pernah menyesal ketika tinggal di Desa Wisata Pentingsari. Tak salah kiranya kalau tamu dari luar kota Jogja dan mancanegara memilih objek wisata yang terletak di kaki Gunung Merapi ini.
Peta desa Pentingsari


Desa wisata yang berada di Dusun Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman ini memiliki banyak tempat menarik yang sangat indah mulai dari Pancuran Sendang Sari, Luweng, Rumah Joglo, Batu Dakon, Batu Persembahan, dan Goa Ponteng. Selain itu kegiatan yang harus dilakukan adalah tracking. Menyusuri jalan setapak di pinggir sungai dan areal persawahan tentu akan memberi tantangan yang berbeda. Terlebih semua itu ada di alam bebas yang benar-benar masih asri. Seperti desa wisata pada umumnya, di desa ini para wisatawan juga dapat mengikuti serangkaian kegiatan masyarakat setempat. Mulai dari bercocok tanam, memasak di pawon atau dapur tradisional, bermain gamelan, belajar membatik dan lain-lain. Bisa dibilang objek wisata ini adalah desa wisata plus-plus. Hal ini karena mereka benar-benar akan dibawa ke alam yang sangat tradisional. Sesaat untuk melepaskan berbagai gadget dan rutinitas sehari-hari dikantor dengan membaur dan merasakan keramahan penduduk setempat.

Wajar kiranya kalau Desa Wisata Pentingsari sering mendapat berbagai piagam penghargaan sebagai bentuk pengakuan akan eksistensi mereka. Salah satunya yang paling bergengsi adalah memperoleh penghargaan tingkat dunia atas keberhasilannya dalam mengelola desa wisata sesuai dengan kaidah Kode Etik Kepariwisataan Dunia.