Melihat Pemandangan Jogja dari Puncak Suroloyo


Puncak Suroloyo merupakan bukit tertinggi dikawasan pegunungan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulonprogo. Selain memiliki pemandangan yang indah, tempat ini juga memiliki berbagai cerita dan mitos yang cukup kuat. Didaerah dengan ketinggian sekitar 1.100 meter diatas permukaan laut ini, kita bisa melihat bentangan alam yang begitu indah. Jika cuaca cerah, biasanya pada pagi hari kita bisa memandang empat gunung besar di jawa yakni Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro. Dari tempat ini puncak Candi Borobudur yang berada di Magelang juga bisa dilihat dengan jelas.

Tempat ini juga memiliki kaitan dengan Kerajaan Mataram Islam. Dalam Kitab Cabolek yang ditulis Ngabehi Yasadipura pada sekitar abad ke-18 menyebutkan, suatu hari Sultan Agung Hanyokrokusumo yang kala itu masih bernama Mas Rangsang mendapat wangsit agar berjalan dari Kraton Kotagede ke arah barat. Petunjuk itu pun diikuti hingga sampai dipuncak Suroloyo ini. Karena sudah menempuh jarak sekitar 40Km, Mas Rangsang merasa lelah dan tertidur ditempat itu. Pada saat itulah, Mas Rangsang kembali menerima wangsit agar membangun tapa ditempat ia berhenti. Ini dilakukan sebagai syarat agar dia bisa menjadi penguasa yang adil dan bijaksana. Selain itu, puncak ini juga diselimuti mitos sebagai pusat atau titik tengah Pulau Jawa. Sebagai masyarakat Jawa percaya, jika ditarik lurus dari utara keselatan, serta dari barat ketimur diatas Pulai Jawa, maka akan bertemu di Puncak Suroloyo.

LOKASI : Dusun Keceme, kelurahan Gerbosari, kecamatan Samigaluh, Kulonprogo.

JAM BUKA : Setiap Hari 07.00 - 17.00 WIB

TIKET MASUK : Gratis
Parkir Motor Rp 2.000 , untuk mobil Rp. 5.000

FASILITAS : Tiga buah gardu pandang

TRANSPORTASI : Ada dua jalur untuk mencapai tempat ini yakni jalan Godean-sentolo-Kalibawang dan dari Magelang-Pasar Muntilan-Kalibawang. Jalur menuju tempat ini cukup sulit karena penuh tanjakan dan berbelok-belok. Sampai saat ini daerah ini memang hanya bisa dicapai dengan kendaraan pribadi saja.