Skema database replication yang akan dibuat adalah seperti gambar di atas. Server basis data di lokasi A akan bertindak sebagai Publisher dan Distributor sedangkan komputer tujuan database replication di lokasi B akan bertindak sebagai subscriber.

  •   Pembangunan Publisher

Pembuatan publication dilakukan dengan wizardyang telah disediakan dalam Microsoft SQL Server Management Studio. Jenis database replication yang digunakan adalah transactional replication.
  
Memilih basis data yang akan di publikasikan.

Memilih jenis database replication.



Memilih objek basis data yang akan dipublikasikan.

Mengatur agar snapshotbasis data dibuat segera.



 Mengatur akun untuk replication agent.

Memilih langkah selanjutnya yaitu membuat publication. Bisa juga dibuat script pembuatan publication ini.
 


Mengatur nama untuk publicationdan penyelesaian pembangunan publisher.

  •       Membangun Subscriber.

Pembuatan subscription ini dilakukan dengan wizard yang telah disediakan dalam Microsoft SQL Server Management Studio. Terdapat dua jenis subscription yaitu push subscription dan pull subscription. Pada push subscription, semua replication agent akan berjalan di distributor sehingga memudahkan administratoruntuk mengawasi dan mengatur sinkronisasi. Pada pull subscription, replication agent akan berjalan di subscriber sehingga mengurangi beban distributor.

Menghubungkan ke publisherdengan mencarinya di jaringan.

Memilih publisher.

Memilih publication.

Memilih jenis subscription.

Menentukan basis data di subscriberuntuk menerima publication.

Membuat basis data baru.



 Mengatur akun untuk distribution agent.

Mengatur jenis sinkronisasi. Terdapat tiga pilihan sinkronisasi, pertama sinkronisasi secara terus menerus (continously) yang berarti replication agent akan melakukan inisialisasi sinkronisasi antar publisherdan subscription secara terus-menerus tanpa berhenti selama sistem menyala. Kedua adalah sinkronisasi sesuai permintaan (on demand) yang berarti sinkronisasi basis data hanya akan dilakukan apabila pengguna melakukan inisialisasi. Ketiga adalah dengan membuat replication agent akan melakukan inisialisasi sinkronisasi sesuai jadwal (schedule) yang telah ditentukan.

Mengatur nisialisasi subscription untuk pertama kali. Inisialisasi subscription bisa dilakukan segera setelah selesai pembangunan subscription (immediately) atau saat pertama kali sinkronisasi publisherdan subscriber (at first synchronization).


Memilih langkah selanjutnya yaitu membuat subscription. Bisa juga dibuat script pembuatan subscription ini.

Penyelesaian pembuatan subscription untuk subscriber.