Gambar pada layar computer terdiri dari gambar vector dan bitmap. Memahami perbedaan kedua format gambar tersebut, akan membantu efisiensi dalam anda bekerja. Dengan Flash, anda dapat menggunakan kedua format gambar tersebut yaitu gambar vector dan bitmap. Adobe Flash dapat meng-import dan meng-edit gambar vector dan bitmap yang dibuat menggunakan software grafis lainnya.
Gambar Vector
Gambar vector terbentuk oleh garis dan curva, yang disebut vectors, termasuk juga warna dan posisi. Sebagai contoh, warna yang ada pada gambar daun dipisahkan oleh warna garis (outline) dan warna daun berada di area yang tertutup oleh garis tepi (outline)
Dan ketika anda meng-edit sebuah gambar vector. Anda dapat memodifikasi properties dari garis dan curva. Move, resize, reshape dan mengganti warna gambar vector tanpa mengubah kualitas dari gambar vector tersebut. Gambar vector memilki sifat resolusi yang independent, hal ini memungkinkan untuk ditampilkan pada resoluai layar yang berbeda tanpa mengurangi kualitas gambar atau pecah-pecah. Secara sederhananya, jika gambar vector diperbesar atau zoom sekian kali, maka gambar vector tidak akan pecah-pecah.
Gambar Bitmap
Gambar bitmap terbentuk dari titik-titik warna, yang disebut pixels, yang diatur berdasarkan posisi. Sebagai contoh, sebuah gambar daun terdiri dari banyak titik-titik warna dengan lokasi yang spesifik dan tingkatan warna yang berbeda didalam sebuah grid, membuat gambar bitmap sama saja merangkai sebuah mozaik.
Ketika anda meng-edit sebuah gambar bitmap, anda memodifikasi pixels termasuk garis dan curva. Gambar bitmap berdasarkan resolusi, karena data gambar memiliki ukuran yang pasti. Memodifikasi gambar bitmap dapat mempengaruhi kualitas gambar bitmap, mengubah atau resize sebuah gambar bitmap akan membuat titik-titik pixel membesar dan itu akan mempengaruhi kualitas gambar. Menampilkan sebuah gambar bitmap di resolusi layar yang rendah juga akan mempengaruhi kualitas gambar bitmap yang ditampilkan.