8/16/2016

hutan pinus

Aroma hutan pinus langsung terasa begitu memasuki area kawasan Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. ribuan Pohon pinus tertanamrapi tinggi menjulang dan bersih lingkungannya. Pengelola wisata setempat berhasil menyulap sebuah kawasan hutan pinus menjadi kawasan wisata alam yang sangat indah.

Udara segar terasa merelaksasi tubuh dan pikiran kita, suasana juga begitu asri. Sangat tenang, Sejuk, Segar dan Menentramkan. Untuk menuju ke kawasan Hutan Pinus Mangunan ini, dari Kota Yogyakarta kita langsung menuju ke Jalan Wonosari, sampai kita memasuki kawasan Pathuk. Sesampainya di Perempatan Pathuk kita mengambil arah Dlingo atau belok ke kiri, dari situ langsung lurus saja maka jalan itu akan menuju ke kawasan Hutan Pinus Mangunan. Tidak perlu khawatir tersesat, karena penunjuk jalan sudah tersedia sepanjang jalan tersebut.

Banyak aktifitas yang dapat kita lakukan dilokasi tersebut, kebanyakan pengunjung melakukan foto-foto atau lebih dikenal selfie, bersantai dengan keluarga, merelaks kan diri dengan hammock, atau bahkan untuk keperluan pemotretan preweding.

candi plaosan

Inilah salah satu rute gowes jalur sejarah, dengan tujuan Candi Plaosan, Klaten.  Jalur disini tidak terlalu ekstrim,merupakan jalur fun riding dengan melewati jalan-jalan desa dan persawahan. Bagi para goweser yang senang melakukan perjalanan gowes lintas alam ataupun lintas pedesaan rute ini bisa anda pilih.

plaosan

Kami berangkat pagi-pagi, dari arah Berbah langsung ke arah timur menuju Prambanan. Dari situ kita apat mengambil jalur pedesaan atau jalan utama langsung menuju lokasi Candi Plaosan. Salam Gowes

rute gowes
Bagi anda yang senang melakukan kegiatan gowes pagi dengan tujuan wisata-wisata atau kearifan lokal, rute ini perlu anda coba yaitu Rute Candi Boko - Spot Riyadi - tebing Breksi - Candi Barong. Perjalanan bisa melalui jalan utama dari arah kota menuju Prambanan melalui Jl Jogja-solo, atau anda bisa melalui jalur alternatif melintasi jalan pedesaan.

Pemandangan pedesaan akan terasa kental jika anda melali rute jalur pedesaan, dengan suasana yang masih asri dan melalui hamparan sawah.

kaliurang

Gowes kali ini kita akan menuju ke kawasan Ekowisata Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya berada di lereng Gunung Merapi. Dilokasi ini merupakan cagar alam yang dilindungi oleh Undang-Undang. pemandangan disini indah dan menyejukan udaranya karena tepat dibawah Gunung Merapi.

Jika anda start dari Kota Yogyakarta maka lewati jalan kaliurang ke arah utara, perjalanan akan terasa naik namun belum begitu menanjak sebelum melewati daerah Pakem. Dari kota kita akan menjumpai jalur aspal atau jalan protokol cang cukup lebar dan halus kondisi aspalnya.

Namun perlu diwaspadai adalah, jalan ini merpakan jalan umum yang ramai lalu lintasnya. Salam Gowes..

No comments

kali ini penulis mau share spot bagus masih alami untuk tujuan gowes lintas alam menyusuri pedesaan. Jalur yang dilalui masih terbilang alami dengan suasana pedesaan yang masih asri. Kami start pagi-pagi dari Berbah lalu menuju arah wukirharjo Prambanan.

curug kembar

Sepanjang jalan kami melewati hamparan sawah yang masih subur ditanami padi dan berbagai tanaman pertanian lainnya. Disela gowes kami bertemu dan bersapa ria dengan penduduk setempat, tampak senyum ramah yang masih melekat di lingkungan desa ini. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, lokasi ini masih menyuguhkan kesegaran alam.

Setelah melewati Desa Wukirharjo goweser langsung disuguhi tanjakan yang cukup panjang. namun itu suatu keasyikan tersendiri. Tak sedikit dari para goweser harus turun dari sadel sepedanya dan menuntun sepedanya hingga tanjakan berakhir.

Namun begitu kami tiba dilokasi maka pemandangan air terjun yang masih alama langsung menyegarkan jiwa raga kami. Air masih segar, pepohonan masih rindang. Bagi para goweser pengalaman ini kami bagikan untuk bisa menjadi referensi tujuan gowes weekend anda semua. Salam gowes..