Mengunjungi Museum Monumen Yogya Kembali

Museum Monumen Yogja Kembali, adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan tepatnya di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Museum yang berada dibagian utara kota Yogya ini banyak dikunjungi oleh para pelajar dalam acara darma wisata.

Museum Monumen dengan bentuk kerucut ini terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Pada rana pintu masuk dituliskan sejumlah 422 nama pahlawan yang gugur didaerah Wehrkreise III (RIS) antara tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan 29 Juni 1949. Dalam 4 ruang museum dilantai 1 terdapat benda-benda koleksi yaitu realia, replika, foto, dokumen, heraldika, berbagai jenis senjata, bentuk evokatif dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan 1945-1948. Tandu dan dokar (kereta kuda) yang pernah dipergunakan oleh Panglima Besar Jendral Soedirman juga disimpan disini

Monumen Yogya Kembali dibangun pada tanggal 29 Juni 1985 dengan upacara tradisional penanaman kepala kerbau dan peletakan batu pertama oleh Sri Sultan Hamengkubuono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII. Gagasan untuk mendirikan monumen ini dilontarkan oleh Kolonel Sugiarto, Selaku Walikotamadya Yogyakarta pada tahun 1983. Nama Yogya Kembali dipilih dengan maksud sebagai tetenger (peringatan) dari peristiwa sejarah ditariknya tentara pendudukan Belanda dari ibukota RI Yogyakarta pada waktu itu, tanggal 29 Juni 1949. Hal ini merupakan tanda awal bebasnya bangsa indonesia dan kekuasaan pemerintah Belanda.

LOKASI : Monumen Yogya Kembali terletak di jalan lingkar utara, dusun jongkang, desa sariharjo, kecamatan ngaglik, kabupaten sleman, Yogyakarta. Telp: +62-274-868225, 868239 fax : +62-274-868239

JAM BUKA : Selasa - Minggu 08.00 - 16.30 WIB
TIKET MASUK :Untuk wisatawan lokal sebesar Rp 5.000 untuk wisatawan asing sebesar Rp 7.500. Khusus untuk rombongan (lebih dari 30 orang) tarif dipotong 10 persen, sedangkan anak TK mendapatkan potongan tarif 50 persen per anak. (Harga dapat berubah sewaktu-waktu)

FASILITAS :
- Auditorium
- Cafetaria
- Area bermain anak-anak
- Tempat Parkir
- Kamar mandi dan WC

TRANSPORTASI : Dari pusat kota yogyakarta, kita tinggal menuju jalan monjali. Ketika sampai di perempatan jalan monjali-jalan ring road utara, maka akan terliat Museum Monumen Yogya Kembali.