Jaringan  komputer  merupakan  sekelompok  komputer  otonom  yang  saling  dihubungkan satu  sama  lainnya,  menggunakan  suatu  media  dan  protocol  komunikasi  tertentu,  sehingga  dapat saling  berbagi  data  dan  informasi.(Deris  Setiawan,2003,hal  1).  Jaringan  komputer memungkinkan terjadinya komunikasi yang lebih efisien antar pemakai (mail dan teleconference). 

Jaringan  komputer  adalah  sekelompok  komputer  otonom yang  saling  menggunakan  protokol komunikasi  melalui  media  komunikasi  (Dharma  Oetomo(1),2003,  hal  07)  sehingga  dapat  berbagi data,  informasi,  program  aplikasi  dan  perangkat  keras  seperti  printer,  scanner,  CD-Drive maupun harddiskserta memungkinkan komunikasi secara elektronik. Sedangkan  pada   Aplikasi  home  user,  memungkinkan  komunikasi  antar  pengguna  lebih efisien (chat), interaktif entertainment lebih multimedia (games, video,dan lain-lain). Klasifikasi Jaringan Komputer :

·        LAN   (Local  Area  Network)  :  Jaringan   komputer   yang   saling   terhubung   ke   suatu
komputer server dengan  menggunakan  topologi  tertentu,  biasanya digunakan dalam
kawasan satu gedung atau kawasan yang jaraknya tidak lebih dari 1 km.
Topologi LAN

·      MAN  (Metropolitan  Area  Network) :  Jaringan  komputer  yang  saling  terkoneksi  dalam  satu
kawasan kota yang jaraknya bisa lebih dari 1km. Pilihan untuk membangun jaringan
komputer antar kantor dalam suatu kota, kampus dalam satu kota.
Topologi MAN

·      WAN  (Wide Area Network): Jaringan komputer yang menghubungkan banyak LAN ke
dalam suatu jaringan terpadu, antara satu jaringan dengan jaringan lain dapat berjarak
ribuan kilometer atau terpisahkan letak geografi dengan menggunakan metode komunikasi
tertentu.
Topologi WAN

Secara garis besar ada beberapa tahapan dalam membangun jaringan LAN, diantaranya ;
·           Menentukan teknologi tipe jaringannya (Ethernet, Fast Ethernet, Token Ring, FDDI)
·           Memilih model perkabelan (Fiber, UTP, Coaxial)
·           Menentukan bentuk topologi jaringan (Bus, Ring, dan Star)
·           Menentukan teknologi Client/Serveratau Peer to Peer

·           Memilih Sistem Operasi Server (Windows NT, 2000, XP, atau Linux)